Tujuan Pembangunan Ekonomi



Tujuan Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi merupakan proses transisi sektor ekonomi dari tingkat yang lebih rendah ke tingkat yang lebih tinggi. Adapun tujuan ekonomi adalah :

-            Menurut GBHN 1999-2004
Tujuan pembangunan ekonomi menurut GBHN 1999-2004 adalah “Mewujudkan kehidupan yang demokratis, berkeadilan sosial, melindungi hak asasi manusia, menegakkan supremasi hukum dalam tatanan masyarakat dan bangsa yang beradab, berakhlak mulia, mandiri, bebas, maju, dan sejahtera dalam kurun waktu lima tahun ke depan.”

-            Tujuan pembangunan ekonomi Indonesia
Adapun tujuan pembangunan ekonomi Indonesia antara lain :
A.       Tujuan Ekonomi Jangka Pendek
Tujuan pembangunan ekonomi jangka pendek adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang semakin adil dan merata dengan cara peningkatan taraf hidup masyarakat yang meliputi :
Ø  Peningkatan Pendidikan
1.        Adanya beasiswa  operasional sekolah (BOS).
2.        Adanya beasiswa bidikmisi  untuk tingkat perguruan tinggi.
3.        Semakin banyaknya perpustakaan keliling di Indonesia.
4.        Melakukan rehab atau perbaikan gedung sekolah.



 


















Ø  Peningkatan di Bidang Ekonomi
1.        Pemerintah memberikan modal UMK (Usaha Menengah Kecil) untuk masyarakat.
2.        Banyaknya pasar murah
3.        Perbaikan pasar-pasar tradisional
Ø  Peningkatan Kesehatan
1.        Adanya asuransi kesehatan yaitu BPJS.
2.        Adanya program KIA untuk ibu dan anak.
3.        Banyaknya program kesehatan gratis di Indonesia.
4.        Diadakannya sosialisasi kesehatan, seperti bahaya narkoba dan HIV/AIDS.
5.        Pemberian vitamin gratis untuk balita.

B.       Tujuan Ekonomi Jangka Panjang
Mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka,bersatu berkedaulatan rakyat dalam suasana perikehidupan bangsa yang aman,tenteram,tertib,dan dinamis dalam lingkungan pergaulan dunia yang merdeka,bersahabat,tertib,dan damai. Pada tahap awal pembangunan dititikberatkan pada bidang ekonomi dengan harapan akan berpengaruh pada bidang lain.















Lampiran

A.      Pertanyaan
1.      Apakah solusi dari macetnya bantuan dari pihak yang berwenang kepada masyarakat tidak mampu?
2.      Apakah yang dimaksud dengan supremasi hukum dalam tatanan masyarakat?
B.       Jawaban
1.      Biasanya pihak berwenang yang menangani bantuan masyarakat tidak mampu yakni kelurahan. Jadi, agar kemacetan pemberian dapat dikurangi ketua RT harus mendata siapa saja warganya yang sekiranya tidak mampu. Lalu, ketua RT menyerahkan ke ketua RW sebelum menyerahkannya ke kelurahan.
2.      Supremasi hukum adalah hukum menempati kekuasaaan tertinggi di dalam negara hukum. Jadi, setiap hak, kewajiban, dan tanggung jawab warga negara masing-masing haruslah dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab sebagaimana yang telah dituangkan dalam aturan hukum, baik di dalam aturan hukum tertulis berupa peraturan perundangan maupun hukum yang tidak tertulis.












DAFTAR PUSTAKA

-            Anonim. “Penjelasan Paparan Mendikbud Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan”. 9 September 2014. http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/2247
-            Damarjati, Inu. “Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat Indonesia Dengan Penerapan Kebijakan Pajak Khusus”. 9 April 2014. http://inudhamarjati.blogspot.com/2011/09/peningkatan-taraf-hidup-masyarakat.html
-            Pangaribuan, Mazmur. “Tujuan Pembangunan Ekonomi di Indonesia”. 8 April 2014. http://pendidikansmaips.blogspot.com/2012/07/tujuan-pembangunan-ekonomi-di-indonesia.html










Ditulis Oleh : Imam Murtaqi Hari: 21.57 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...